Rabu, 02 Maret 2016

Teori Dasar Musik untuk Permainan Piano

Teori Dasar Musik untuk Permainan PianoTeori Dasar Musik untuk Permainan Piano

Assalamualaikum !
Time for Piannist !

Selamat datang di blog saya. Semoga anda semua menikmati tulisan-tulisan dari MusikalisBoyolali ini.

Dalam postingan kali ini . saya akan membahas tentang piano atau keyboard , alat music ini menurut saya alat music yang paling sulit bagi saya dan saya masih berada dalam proses belajar. Oleh karana itu anda yang ingin belajar tentang piano silahkan lihat artikel ini berharap semoga anda bisa ahli dalam alat music piano dengan membaca ini.

Semoga bermanfaat dan saya mohon bantuan anda semua dengan memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih !




PIANO

Sekilas Pengenalan

Pada dasarnya alat musik Keyboard merupakan pengembangan alat musik Piano yang didesain dengan meningkatan fiture - fiturenya, sedangkan piano lebih ditekankan sebagai alat musik akustik, disini kita akan lebih membahas masalah alat musik keyboard terutama keyboard arranger serta teknik dasar untuk memainkannya, keyboard sendiri biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu keyboard yang digunakan untuk mengiringi (arranger) atau yang lebih kita kenal dengan organ tunggal, dan satu lagi yaitu keyboard Synthesizers yang lebih sering digunakan pemain band untuk mengisi suara tambahan seperti suara string.
Keyboard arranger yang digunakan umumnya terdiri dari 5 oktaf , berbagai tipe yang ditawarkan dari berbagai macam merek seperti Yamaha mengeluarkan PSR series, Korg menggeluarkan PA series, Roland menggeluarkan E series , Technics menggeluarkan KN series serta Casio, semua produk tersebut memiliki keunggulan tersendiri, dan kembali lagi kepada kebutuhan user mau memilih type yang mana sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki




 

gambar diatas merupakan salah satu contoh tuts keyboard yang terdiri dari 5 oktaf , sedangkan gambar dibawahnya merupakan gambar tangga nada, dengan nada dasar C, yang dimaksud dengan C middle diatas adalah batas jari tangan, untuk 2 oktaf sebelah dikiri dimankan dengan tangan kiri sedangkan untuk 3 oktaf sebelah kanan dimainkan dengan tangan kanan, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa berubah



agar lebih mengingat tutsnya, maka diperlukan banyak latihan secara rutin tiap harinya , agar kita lebih mengenal tuts tersebut dan kita tau nada dasar apa tuts tersebut, nada dasar terdiri dari C D E F G A B C (do - re - mi - fa - so - la - si - do ) atau biasa ada yang menulis 1 2 3 4 5 6 7 8 i (biasa ditulis dibuku-buku lagu guna mempermudah ) , adapun nilai jarak nada seperti contoh dibawah ini :



C -> D jaraknya = 1
D -> E jaraknya = 1
E -> F jaraknya = 1/2
F -> G jaraknya = 1
G -> A jaraknya = 1
A -> B jaraknya = 1
B -> C jaraknya = 1/2

a.Jika nadanya naik 1/2 berarti namanya berubah menjadi # ( kress)
contohnya nada C dinaikkan 1/2 berubah menjadi C # (C kress dibacanya Cis )
b.Jika nadanya diturunkan 1/2 berarti namanya berubah menjadi b (mol)
contohnya B diturunkan 1/2 berubah menjadi Bb ( B mol dibacanya bes )

nada yang naik 1/2 tetapi namanya tidak berubah karena jarak kedua nada tesebut hanya 1/2
contoh :

E# = F , B# = C sebaliknya jika diturunkan Cb = B , Fb = E

TEMPO

Yang dimaksudkan tempo disini berapa lama not itu dimainkan, ketukan itu terdiri dari berbagai macam, contohnya, 4/4 , 3/4 , 2/4 ,

simulasinya sebagai berikut
memainkan musik dengan ketukan 4/4
not penuh
misal kita pencet nada C sambil kita hitung 1 2 3 4 , hitungan ke 4 tangan kita diangkat dari tuts dan masuk hitungan 1 kita tekan lagi tutsnya begitu lagi seterusnya

 


                

 
                    
 
Diatas merupakan ilustrasi gambar kedua tangan kita, disini kita akan mempelajari finggering untuk melatih otak kanan agar bisa bekerja dengan otak kiri kita secara bersamaan.


Kalau orang belajar main gitar, biasanya pada awalnya mereka menghafal bentuk-bentuk kunci nada. Sebenarnya kunci-kunci itu bisa dihafalkan. Tapi sangat lebih baik jika kita mengetahui dari mana kunci itu terbentuk.

Sebuah harmonisasi kunci (chord) terbentuk dari kombinasi nada ke-1, ke-3, dan ke-5. Kita lihat dulu sebuah tangga nada dalam satu oktaf itu terdiri dari C-D-E-F-G-A-B-C. Jadi kalau kita ingin bermain kunci C, nada yang harus kita tekan adalah C-E-G (nada ke-1, ke-3, ke-5). Baik itu ditekan secara bersama atau bergiliran (arpeggio). Begitu pula misalnya ingin main kunci G, maka yang harus ditekan adalah nada G-B-D. Untuk gambaran keseluruhannya Anda bisa lihat gambar di bawah.

 

Kemudian biasanya kita bingung, pianis itu bermain piano memakai tangan kanan dan kiri. Lalu tugas masing-masing tangan itu apa?

Tangan kiri bertugas menekan root / bass atau chordnya lagu. Dalam hal ini berarti yang tugasnya memencet “Do-Mi-Sol” itu secara harfiahnya adalah tugas tangan kiri.

Sedangkan tangan kanan tugasnya adalah menekan tuts melody secara random. Melodi itu bisa berbentuk melody seperti suara nada vokalnya maupun melody untuk musik biasa.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menyesuaikan antara chord tangan kiri dengan melody tangan kanan? Cara paling mudah adalah dengan melihat dimana nada terakhir jatuh yang ditekan oleh tangan kanan ketika lagu harus berganti chord. Contohnya, ketika nada melody tangan kanan jatuh pada nada sol atau G. Kemudian kita deteksi dengan sistem Do-Mi-Sol chord apa saja yang ada nada G nya yaitu chord C (C-E-G), chord Em (E-G-B), dan chrod G (G-B-D). Sebenarnya kalau kita males mencari mana chord yang sesungguhnya diantara ketiga chord itu semua chord bisa-bisa saja dipakai, tetep bisa masuk nadanya tinggal dipilih ngasal salah satu. Tapi kalau mau suara yang lebih greget, Anda bisa memilih satu yang paling pas. Biasanya awalnya belum terbiasa dengan suara-suara chord mana yang cocok, tapi lama-lama akan biasa dan bisa cepet dalam menentukan chord yang cocok.



1. NADA

Penguasaan mengenai nada memang sangat membosankan bagi gitaris atau musisi pada umumnya. Namun merupakan sebuah landasan untuk dapat bermain musik dengan baik. Untuk dapat memainkan nada dengan baik, ada beberapa hal yang harus dikuasai, antara lain adalah:
- interval jarak atau nada
- Tangga nada mayor minor
- Tangga nada pentatonik

Dari tangga nada itu sendiri kita dapat memainkan atau menguasai dasar dari:
- Chord
- Progresion Chord
- Komposisi Melodi

2.INTERVAL NADA(jarak)


Adalah jarak dari suatu nada menuju nada lainnya.Berikut adalah interval nada natural atau tanpa menggunakan tanda accidental :

Tanda accidental adalah suatu tanda yang digunakan untukmenaikkan atau menurunkan nada dari nada aslinya (natural).

Berikut ini adalah tanda accidental:


1. Sharp(#) = naik stengah nada
Contoh C# Disebut Cis
2. Flat(b) = Turun Stengah nada
Contoh Bb Disebut Bes
3. Natural( ) = Mengembalikan nada yang sudah dianikkan atau diturunkan kembali ke nada asal.
4. Double Sharp(##) = menaikkan setengah nada dari nada yang telah dinaikkan setengah nada.
Contoh C## Disebut Cisis
5. Double Flat(bb) = menurunkan setengah nada dari nada yang telah diturunkan setengah nada.
Contoh Bbb Disebut Beses

Tanda accidental sering disebut juga dengan Tanda Chromatic(merupakan tangga nada yang berjarak setengah antara suatu nada dengan nada berikutnya.)

Rumus Interval dari penyusunan tangga nada mayor:
1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2

Rumus Interval dari penyusunan tangga nada minor:
1 – 1/2 – 1 – 1 -1/2 – 1 – 1

·         penyusunan tangga nada Pentatonik:
Nada ke [b]1 – 2 – 3 – 5 – 6 dari tangga nada mayor
Nada ke 1 – 3 – 4 – 5 – 7 dari tangga nada minor

·         Penyusunan Chord mayor:
Nada ke 1 – 3 – 5 dari tangga nada mayor

·         Penyusunan Chord Minor:
Nada ke 1 – 3 – 5 dari tangga nada minor, atau
Nada ke 1 – 3b – 5 dari tangga nada mayor













KUNCI/AKORD
 


 



6 komentar:

  1. Balasan
    1. Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK wu

      Hapus
  2. Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Teori Dasar Musik Untuk Permainan Piano ~ Experienceofmusic >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus